;

Balanced Input Amplifier

Balanced Input Amplifier dalam bahasa Indonesia adalah masukan berimbang dimana sebuah sinyal akan dijadikan dua signal yang saling berlawanan fase ketika melewati sebuah kabel yang biasanya terdiri dari 3 isi yaitu terdiri dari 3 bentuk 1. hot 2. cold 3. ground

Kabel input balance mempuyai ciri fisik yang sangat khas yaituterdiri dari tiga buah konektor, ditengahnya terdapat dua kabel yang berbeda warna dan diluarnya ada konektor ground yang berupa anyaman aluminium foil dan ini merupakan konetor ketiga yang berfungsi juga sebagai shielding atau perisai dari gangguan elektromagnetik yang berasal dari luar. Sebuah kabel yang semakin panjang maka kabel tersebut akan semakin rentan terhadap noise dan gangguan elektromagnetik lainnya, hal yang paling umu adalah keluar suara radio liar atau suara radio orari yang sedang ngebrik masuk kedalam sound system kita, contoh lainnya lagi adalah suara dengung genset masuk ke sound system kita yang mungkin kalau ada input suara tidak begitu kentara atau tidak begitu jelas tapi ketika tidak ada input suara humming brooming menjadi lebih jelas dan tentunya ini sangat memalukan bukan.

Kelebihan Kabel balanced

Panjangnya Kabel apapun kalau pada posisi input, maka akan berfungsi sebagai atau seperti antena yang akan menangkap semua gelombang frequency noise elektro atau hum tambahan yang biasanya ditimbulkan oleh berbagai peralatan listrik lainnya seperti motor listrik atau lazim disebut dinamo, monitor tabung atau LCD computer dan lain-lain.
Kelebihan dari kabel Balanced ini adalah kemampuannya dalam menolak noise noise yang ditimbulkan semua peralatan tadi. Pada umumnya kabel Balanced sering digunakan pada peralatan Professional Public Address maupun rental audio. Jika kita menggunakan kabel Balanced, kita bisa menghubungkan Microphone ke Mixer sampai jarak yang cukup jauh (bisa mencapai 100-an meter).

Kelemahan memakai input balanced

Kelemahan memakai input dan output balanced pada sistem audio kita adalah tam,bahnya perlatan yang nota bene akan menambah anggaran dan tentunya biaya untuk membeli alat tersebut. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan membeli di eradigdaya sound achine dengan harga cukup kompetitif alias murah banget hanya 50ribu saja sudah stereo lagi
Balanced Input Amplifier